Profil

Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak merupakan salah satu program studi di bawah Jurusan Teknik Elektro dan Informatika Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. Prodi ini ditetapkan pada tanggal 28 Mei 2018 dengan surat keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No 474/KPT/I/2018

Profil Program Studi Sarjana Terapan (Diploma IV) Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL)

  • Program Studi Sarjana Terapan (Diploma IV) Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL) berdiri sejak tahun 2018. 
  • Lama masa studi di D4 TRPL dapat ditempuh dalam 8 semester (4 tahun)
  • Memiliki total 144 SKS selama 8 semester termasuk Program Praktek Kerja Lapangan yang dilaksanakan pada semester 7 dan berlangsung selama 16 minggu
  • Mahasiswa akan melakukan Proyek Akhir pada semester 8 sebagai syarat kelulusan.

Visi:

Terwujudnya Politeknik di bidang Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak yang bermutu dengan kemajuan IPTEK dan inovasi terapan untuk mendukung daya saing Bangsa

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasional di bidang Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak dengan melakukan kerja sama dengan lembaga penelitian atau industri agar relevan
  • Menyelenggarakan mutu pendidikan yang dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan mampu bersaing baik secara nasional maupun global
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian di bidang Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak sesuai dengan perkembangan IPTEK dan inovasi

Tujuan:

Menghasilkan lulusan sarjana terapan berdaya saing nasional di bidang rekayasa perangkat lunak yang memiliki kemampuan menganalisa, mendesain, memodelkan, mengembangkan, mengimplementasikan, serta menjamin kualitas sistem perangkat lunak  yang dihasilkan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna baik di industri dan masyarakat

Kompetensi Program Studi Sarjana Terapan (Diploma IV) Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Kompetensi Utama:

  • Memahami konsep dasar teknologi rekayasa perangkat lunak
  • Mampu mengembangkan produk perangkat lunak di bidang mobile, desktop, web maupun sistem informasi di tingkat enterprise atau industri.
  • Mampu menganalisa, merancang, dan mengimplementasikan, serta mengelola suatu sistem berbasis komputer, jaringan dan teknologi informasi berdasarkan kebutuhan industri dengan mengintegrasikan software, hardware, dan brainware.
  • Mampu mengembangkan solusi untuk permasalahan berbasis teknologi informasi di berbagai aspek kehidupan

 Kompetensi Pendukung:

  • Mampu menerapkan prinsip etika profesional di bidang Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
  • Mampu mengembangkan prinsip technopreneur

Mampu bersikap insiatif, kreatif, dan inovatif serta berkolaborasi terhadap pesatnya perkembangan Teknologi Informasi